sablon design kaos : cara belajar membuat kaos dan separasi print sablon

sablon-design-kaos-cara-belajar-membuat-kaos-dan-separasi-print-sablonsablon design kaos : cara belajar membuat kaos dan separasi print sablon

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih kaos distro atau t-shirt kaos distro setidaknya anda akan mengenal bahan dan jenis kaos dengan baik, kualitas bahan sangat menentukan kualitas akhir dari hasil produksi kaos atau t-shirt. Contohnya bahan katun combed  mulai dari 20S, 24S dan 30S. Semakin besar gramasinya maka kain semakin ringan dan tipis.Ada baiknya anda perlu juga mempelajari teknik sablon atau print kaos sablon dalam pembuatan kaos atau t-shirt.

Teknik sablon atau print kaos sablon ada dua cara  yaitu print kaos sablon manual, dimana proses sablon design kaos dilakukan dengan proses cetak manual menggunakan screen dan rakel sedangkan sablon digital menggunakan media kertas transfer.

Masing-masing punya kelebihan dan kelemahan, print kaos sablon manual lebih tahan lama dan tidak mudah luntur karena proses sablonnya melalui Tahapan Tracing Film Sablon yaitu proses pecah warna atau pisah warna ( sparasi warna  )sedangkan print sablon digital tanpa proses pecah warna (sparasi)

Berikut adalah tahapan proses print sablon manual  :

1. Persiapan Membuat Desain Kaos atau Design T-shirt

Membuat desain kaos atau design t-shirt bisa karya sendiri atau bisa menggunakan jasa design kaos, kemudian desain kaos atau design t-shirt akan di pecah warna atau separasi  untuk dimasukan kedalam screen. Proses pecah warna dilakukan dengan software aplikasi grafis, bisa pakai Corel Draw atau Illustrator untuk vektor dan Photoshop untuk sablon kaos jenis bitmap. Setelah itu desain kaos atau design t-shirt dicetak sebagai salinan proses pembuatan film/afdrukan atau klise film .

2. Pembuatan Film dan Separasi Warna ( Pecah Warna)

 Tahap selanjutnya adalah pemberian obat pembuatan film dan pencucian obat screen. Peralatan afdruk yang dibutuhkan diantaranya : monil atau screen, cairan afdruk, kipas angin dan alat perata atau rakel. Prosesnya screen dilumuri cairan afdruk lalu dikeringkan. Semua harus dilakukan dalam ruang tertutup yang tidak terkena sinar matahari

Setelah cairan afdruk kering, dilanjutkan dengan pembuatan film pada screen. Alat yang dibutuhkan kaca, gambar desain, screen, busa, kain hitam, busa screen dan papan. Semua alat akan digunakan untuk membuat cetakan diatas screen.

Setelah proses pembuatan screen selesai berikutnya dicuci dan dibersihkan berkas afdruk dengan menprotkan air ke screen.

3. Sablon Desain Kaos atau Design T-Shirts

Penyablonan adalah proses melapisi media cetak dengan cat melalui bantuan screen sebagai saringan cetaknya bahan kaos ditaruh dibawah screen dan kemudian tinta atau cat sablon diatas screen kita serut dengan rakel. Begitu seterusnya hingga jumlah warna semua terselesaikan.
Selesai proses cara pembuatan kaos melalui tahapan sablon , kemudian tinggal melangkah ke tahapan berikutnya  yaitu  tahapan penjahitan, finishing dan packing.